Strategi Membuka Usaha Bengkel Las. Meningkatnya
kepadatan penduduk di Indonesia turut serta memicu peningkatan
kebutuhan akan perumahan sebagai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.
Dengan banyaknya pemukiman atau perumahan baru yang sedang dibangun
maupun pemukiman lama yang membutuhkan renovasi, maka peluang usaha
bengkel las menjadi salah satu peluang usaha yang tidak bisa dipandang
sebelah mata.
Itulah beberapa cara mengembangkan usaha bengkel las yang bisa Anda coba, semoga bermanfaat dan semoga usaha Anda berhasil.
Hal ini dikarenakan berbagai kebutuhan dalam pembangunan suatu pemukiman
pasti membutuhkan beberapa produk yang membutuhkan jasa bengkel las
seperti misalnya pembuatan tralis, rolling door, canopy, pagar besi
maupun tangga dsb. Jika Anda berniat menekuni usaha bengkel las ini
maka sebaiknya Anda mengetahui cara mengembangkan peluang usaha bengkel
las yang tepat agar usaha Anda maju dan berkembang.
Berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan jika ingin menjalani usaha bengkel las:
1. Modal
Berikut ini adalah strategi yang bisa Anda lakukan jika ingin menjalani usaha bengkel las:
1. Modal
Usaha apapun tentu memerlukan modal untuk operasional usaha, seperti
halnya usaha bengkel las. Modal dalam usaha bengkel las bisa meliputi
beberapa hal seperti misalnya peralatan las, trafo, gerinda, cutter,
peralatan keamanan untuk mengelas,fasilitas listrik yang cukup memadai
dsb. Modal skill dan keahlian yang berkaitan dengan keterampilan
mengelas besi yang tepat sangat diperlukan agar hasil produk las di
bengkel Anda bagus dan berkualitas sesuai dengan permintaan konsumen.
Jika konsumen puas dengan hasil kerja bengkel las Anda maka tidak
menutup kemunkinan konsumen akan kembali menggunakan jasa bengkel las
Anda, atau bahkan merekomendasikan bengkel las Anda kepada orang lain
dan secara tidak langsung Anda berhasil membuat jaringan marketing
melalui konsumen. Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi usaha
Anda, oleh karena itu modal skill maupun keterampilan dalam usaha ini
sangatlah penting karena berhubungan dengan kepuasan konsumen.
2. Pemilihan lokasi usaha
2. Pemilihan lokasi usaha
Anda bisa memilih lokasi yang strategis seperti di pinggir jalan raya,
sehingga memudahkan konsumen untuk sampai ke tempat usaha Anda. Lokasi
yang mudah diakses masyarakat luas akan lebih menguntungkan daripada
lokasi usaha yang sulit dijangkau oleh konsumen.
3. Rekrutmen karyawan
![]() |
Sumber Gambar : http://tutor26.blogspot.com/ |
Rekrutmen karyawan akan membuat usaha bengkel las Anda semakin
berkembang. Sebaiknya Anda memilih karyawan dengan karakteristik pekerja
keras, rajin dan memiliki skill dalam bidang las yang baik dan
terampil. Karyawan yang terampil dan cekatan tentu akan bisa mendukung
usaha bengkel las Anda.
Jangan sampai ada komplain dari konsumen gara-gara karyawan Anda tidak
bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan waktu yang telah
ditentukan. Untuk itu dalam rekrutmen karyawan sebaiknya dilakukan
secara tepat demi memperoleh karyawan yang sesuai dengan kualifikasi.
4. Marketing dan promosi
4. Marketing dan promosi
Strategi marketing dan promosi ini bertujuan untuk mengenalkan usaha
bengkel las Anda kepada masyarakat luas. Usahakan untuk mempromosikan
usaha bengkel las Anda secara menarik sehingga bisa membuat konsumen
tertarik untuk menggunakan produk bengkel las Anda. Anda bisa
memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha bengkel las Anda.
Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah menawarkan langsung kepada
konsumen bisa kepada masyarakat yang sedang membangun rumah ataupun yang
sedang merenovasi rumah.
Anda juga bisa mengajukan proposal kepada kontraktor yang ada di kota
Anda untuk diajak bekerjasama sehingga mau menggunakan jasa usaha
bengkel Anda secara kontinyu, dengan begitu usaha bengkel Anda akan
mendapatkan order secara terus menerus dan berkelanjutan.
0 komentar:
Posting Komentar